30 November 2014

Jumlah Pengguna Facebook di Dunia Menurun

Jumlah Pengguna Facebook
Global Web Index (GWI) mencatat bahwa basis pengguna aktif dari Tumblr mengalami peningkatan sebesar 120 persen dalam enam bulan terakhir, dan berhasil menyingkirkan Facebook yang hanya tumbuh sebanyak 2 persen.

Pengguna aktif Facebook secara global tercatat sebanyak 1,35 miliar dan telah berhasil menjadi sistus jejaring sosial dengan keuntungan terbesar. Namun, catatan GWI mengungkapkan bahwa Facebook tidak mengalami pertumbuhan pada pengguna baru.

Berbeda halnya jika dibandingkan Pinterest yang berhasil memimpin pertumbuhan sebesar 57 persen, Facebook hanya tumbuh 6 persen. Lalu diperkirakan, situs jejaring sosial lain seperti Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube, dan Google+ mengalami pertumbuhan lebih cepat jika dibandingkan Facebook.

Hal tersebut juga dialami Facebook dalam pertumbuhan pada aplikasi mobile yang menjadi urutan kedua, di bawah Snapchat yang memiliki peningkatan mencapai 56 persen dan tercatat banyak digunakan oleh remaja di rentan usia 20 tahun.

"Facebook memiliki beberapa tantangan utama dalam industri ini," ujar Jason Mander, kepala tren dan penulis laporan GWI.

Ia menjelaskan, penurunan penggunaan Facebook di beberapa negara dikarenakan berbagai alasan. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris dan AS, tercatat sebesar 50 persen pengguna mengungkapkan bosan menggunakan situs jejaring sosial ini.

"Sejak awal 2013, kami telah melihat perilaku seperti berbagi foto dan pesan teman-teman turun sekira 20 persen," jelas Jason Mander.

Meski demikian, posisi penggunaan Facebook jika dihitung secara global masih yang terbesar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengguna yang mengakses internet pada tahun ini mencapai 3 miliar orang, sedangkan Facebook sendiri memiliki pengguna sebanyak 1,36 miliar. Hal ini mengartikan bahwa sepertiga dari populasi pengguna internet dunia adalah Facebook.

1 comments:

Apa Komentarmu?

 

Recent Posts

Contact Form

Name

Email *

Message *