19 November 2014

5 Tradisi Unik Khas Masyarakat Korea Selatan

Fakta Unik tentang Korea
Korea dikenal sebagai negara maju dan modern, namun meskipun kehidupan di Korea sudah modern,  ternyata disana mereka masih mempertahankan tradisi unik mereka hingga saat ini. Mari simak 4 tradisi masyrakat Korea yang masih dipertahankan.

Main Lumpur
Kalau kamu ‘mampir’ ke Korea Selatan, nggak lengkap rasanya kalau nggak nyoba buat main lumpur,Yap, di Negeri Ginseng tersebut, main lumpur udah jadi hal yang biasa. Bahkan, banyak tempat yang punya lahan lumpur besar. Biasanya, lokasi tersebut dijadikan tempat main buat anak-anak kecil. Di tempat ini, mereka juga biasa hunting beberapa hewan yang hidup di dalamnya, seperti kepiting dan ikan kecil. Sementara orang-orang yang lebih dewasa, biasanya mereka lebih suka main gulat atau berseluncur. Lucunya, nggak seperti lumpur biasa yang ada di Indonesia, lumpur di negara ini berwarna abu-abu (gray mud). Orang-orang Korea percaya kalau lumpur itu emang bagus buat kulit mereka.

Anniversary Setiap 100 Hari
Kalau kebanyakan orang merayakan hari jadinya setiap setahun sekali, lain halnya dengan di Korea. Pasangan muda di sini selalu merayakan hari jadian mereka setiap 100 hari sekali, Untuk menunjukkan pada orang-orang kalau mereka adalah sepasang kekasih, biasanya mereka mengenakan atribut yang sama, entah itu couple tee, sepatu yang sama, atau mungkin sweater yang kembaran.

Makan Nakji (Gurita Hidup)
Pernah terpikir buat mencoba makan gurita hidup-hidup? Kalau di Korea Selatan, hal ini bukanlah sesuatu yang aneh. Mereka biasa menyebutnya dengan istilah Nakji, yaitu gurita kecil yang disimpan di tangki besar yang berada di luar restoran-restoran Korea.

Ketika disajikan dalam bentuk yang sudah dipotong-potong dan ditaburi dengan biji wijen, biasanya tentakel-tentakel dari gurita tersebut masih bergerak-gerak, Cara makan yang sangat khas dari warga Korea saat menyantap hidangan ini adalah dengan menyeruputnya.

Public Bathhouse/ Sauna
Buat kamu yang suka nonton drama Korea atau beberapa variety show Korea, pasti udah kenal nih sama yang satu ini. Yap, Korea Selatan itu punya tempat pemandian umum dan sauna yang buka 24 jam dan punya area yang luas buat tidur. Tidak heran kalau banyak orang Korea yang bermalam di tempat ini di kala mereka sudah tidak mendapat bus atau kereta untuk pulang. Meski hanya tidur di lantai, tapi biasanya dapat bantal.

Meski di tempat ini any gender bisa ngumpul, tapi kamu nggak perlu khawatir karena di tempat ini kamu tetap dapet baju khusus secara lengkap, yang terdiri dari t-shirt, celana pendek, dan handuk kecil. Sementara untuk ruangannya, mereka biasanya menyediakan beberapa varian ruangan seperti, dry heat rooms, cold rooms, ruangan dengan ekstra oksigen, ruangan untuk massage kaki dan punggung, serta tentu aja area untuk tidur yang tadi sempat FG sebutkan. Bahkan, mereka juga punya kolam air hangat dan dingin, sauna, dan outside hot pool.

Jajan Pukul 4 Pagi
Salah satu hal yang perlu kamu ketahui tentang karakter orang Korea, mereka itu suka banget hangout sampai pagi. Setelah ngumpul bareng teman-teman di klub, mereka biasanya jadi lapar. Dan tempat yang dituju? Tentu aja jajanan pinggir jalan. Jajanan pinggir jalan di Korea Selatan biasanya dijual di mobil-mobil terbuka dan mereka menyediakan meja dan kursi atau dijual di tenda-tenda kayak di Indonesia. Biasanya, di kesempatan kayak begini, mereka ‘curhat’ soal kegiatan atau pekerjaan mereka. Jadi, jangan heran saat tahu mereka biasa jajan di pukul 4 pagi.

1 comments:

  1. wahh jajan pukul 4 pagi apa gak ngantuk ya kalau besoknya berangkat kerja..

    ReplyDelete

Apa Komentarmu?

 

Recent Posts

Contact Form

Name

Email *

Message *