Tory Burch adalah salah satu wanita pebisnis sukses di bidang fashion. Dengan kekayaaan sekitar US$1 miliar atau Rp9,7 triliun, menjadikannya sebagai salah satu wanita terkaya dan masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Kekayaannya paling banyak berasal dari bisnis fashion dengan label "Tory Burch". Saat ini, toko "Tory Burch" berjumlah 83 unit di seluruh dunia.
Menurut Tory Burch menjadi miliuner bukan hal yang sulit asal mau mempraktekkan 7 kunci sukses. Apa saja 7 kunci tersebut? Berikut 7 rahasia dari Tory Burch:
1. Ikuti gairah Anda
Burch remaja merupakan perempuan yang tomboi, namun mulai tertarik dalam dunia fashion saat kuliah di University of Pennsylvania. Ia lalu bekerja untuk berbagai desainer terkemuka seperti Ralph Lauren dan Vera Wang. Di saat itu lah, ia mencuri berbagai ilmu mereka sebelum mewujudkan mimpinya membuat label fashion sendiri.
Burch keluar dari zona nyamannya, lalu membuat perusahaan sendiri untuk menggapai mimpi. "Saya mengambil risiko dan menempatkan diri di luar sana," katanya.
2. Terima saran dan kritik membangunBurch sempat membuat 10 nama label fashion-nya, dan akhirnya memutuskan menggunakan namanya sebagai produk. Semua orang memprediksi ia akan gagal dalam sekejap, karena namanya yang tidak diperhitungkan dalam dunia mode. Berbagai kritik dan saran positif yang ia terima serta hiraukan kritikan negatif yang menyerangnya.
3. Taruh orang yang tepat di posisi yang benar
Burch mengakui salah satu kelemahannya adalah kesetiaan. Ia dulu sering menempatkan orang yang ia kenal baik di posisi yang salah. Itu sempat menghancurkan perusahaannya. Ia sadar hal itu salah dan mulai merombak jajaran manajemen sesuai kompetensi. "Bila Anda memiliki orang yang salah dalam posisi yang salah, itu akan memengaruhi seluruh perusahaan," katanya.
4. Buat hubungan
Dalam dunia mode, hubungan antara sesama desainer maupun konsumen sangat penting. Ia memutuskan membuat sebuah yayasan, Tory Burch Foundation, yang bertujuan untuk memberdayakan pengusaha perempuan, yang dapat menjaga hubungan baik dengan relasi maupun konsumen. Ia berhasil memupuk hubungan baik dengan berbagai orang terkenal, seperti Oprah Winfrey.
5. Tumbuh besar
Sejak awal, Burch tahu ia akan membangun label fashion global. Untuk itu, rencana jangka panjang ia susun. Untuk memuluskan rencananya, ia menggandeng Oprah Winfrey dengan mensponsorinya. Hal ini melejitkan produknya hingga mendunia.
Keberuntungan memang penting, tetapi keuntungan jaringan dan kolaborasi akan membantu membuat keberuntungan Anda.
6. Terbuka dan transparan
Burch sempat mengalami masalah saat pengiriman barang untuk konsumen tidak dapat dilacak. Alih-alih bersembunyi, Burch memutuskan menggunakan media sosial dan transparan mengenai masalah tersebut. Hasilnya? Ia mendapatkan dukungan dari konsumen berkat kejujurannya.
7. Kerja keras
Saat Anda melihat orang lain sukses, mudah untuk melihat keberhasilan seperti gampang diraih. Namun, ia percaya perjalanan sukses membutuhkan kerja keras, solusi kreatif, dan inovasi terus-menerus. Ia ingat, saat pertama kali membuka usaha, ia bekerja hingga tengah malam menerima pesanan dari seluruh dunia. "Itu merupakan risiko pekerjaan dan Anda harus menerimanya," katanya.
Menurut Tory Burch menjadi miliuner bukan hal yang sulit asal mau mempraktekkan 7 kunci sukses. Apa saja 7 kunci tersebut? Berikut 7 rahasia dari Tory Burch:
1. Ikuti gairah Anda
Burch remaja merupakan perempuan yang tomboi, namun mulai tertarik dalam dunia fashion saat kuliah di University of Pennsylvania. Ia lalu bekerja untuk berbagai desainer terkemuka seperti Ralph Lauren dan Vera Wang. Di saat itu lah, ia mencuri berbagai ilmu mereka sebelum mewujudkan mimpinya membuat label fashion sendiri.
Burch keluar dari zona nyamannya, lalu membuat perusahaan sendiri untuk menggapai mimpi. "Saya mengambil risiko dan menempatkan diri di luar sana," katanya.
2. Terima saran dan kritik membangunBurch sempat membuat 10 nama label fashion-nya, dan akhirnya memutuskan menggunakan namanya sebagai produk. Semua orang memprediksi ia akan gagal dalam sekejap, karena namanya yang tidak diperhitungkan dalam dunia mode. Berbagai kritik dan saran positif yang ia terima serta hiraukan kritikan negatif yang menyerangnya.
3. Taruh orang yang tepat di posisi yang benar
Burch mengakui salah satu kelemahannya adalah kesetiaan. Ia dulu sering menempatkan orang yang ia kenal baik di posisi yang salah. Itu sempat menghancurkan perusahaannya. Ia sadar hal itu salah dan mulai merombak jajaran manajemen sesuai kompetensi. "Bila Anda memiliki orang yang salah dalam posisi yang salah, itu akan memengaruhi seluruh perusahaan," katanya.
4. Buat hubungan
Dalam dunia mode, hubungan antara sesama desainer maupun konsumen sangat penting. Ia memutuskan membuat sebuah yayasan, Tory Burch Foundation, yang bertujuan untuk memberdayakan pengusaha perempuan, yang dapat menjaga hubungan baik dengan relasi maupun konsumen. Ia berhasil memupuk hubungan baik dengan berbagai orang terkenal, seperti Oprah Winfrey.
5. Tumbuh besar
Sejak awal, Burch tahu ia akan membangun label fashion global. Untuk itu, rencana jangka panjang ia susun. Untuk memuluskan rencananya, ia menggandeng Oprah Winfrey dengan mensponsorinya. Hal ini melejitkan produknya hingga mendunia.
Keberuntungan memang penting, tetapi keuntungan jaringan dan kolaborasi akan membantu membuat keberuntungan Anda.
6. Terbuka dan transparan
Burch sempat mengalami masalah saat pengiriman barang untuk konsumen tidak dapat dilacak. Alih-alih bersembunyi, Burch memutuskan menggunakan media sosial dan transparan mengenai masalah tersebut. Hasilnya? Ia mendapatkan dukungan dari konsumen berkat kejujurannya.
7. Kerja keras
Saat Anda melihat orang lain sukses, mudah untuk melihat keberhasilan seperti gampang diraih. Namun, ia percaya perjalanan sukses membutuhkan kerja keras, solusi kreatif, dan inovasi terus-menerus. Ia ingat, saat pertama kali membuka usaha, ia bekerja hingga tengah malam menerima pesanan dari seluruh dunia. "Itu merupakan risiko pekerjaan dan Anda harus menerimanya," katanya.
inspiratif sekali yah ceritanya, artikelnya sangat bagus gan
ReplyDeletemata air le minerale